Mengalami Kondisi Langka, Wanita ini bisa Mengingat Semua Hal dalam Hidupnya

Rebecca Sharrock

Apakah Kamu bisa mengingat setiap detail dari moment indah dalam hidupmu atau ulang tahun pertamamu ? Mungkin sebagian besar dari kamu tidak ingat apapun. Namun wanita asal Australia yang satu ini bisa mengingat setiap detail ulang tahun pertamanya dan seluruh kehidupannya karena dia memiliki kondisi super langka yang dinamai Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM). Bayangkan jika memiliki kemampuan untuk mengingat detail yang tepat dari hampir setiap hari dalam hidup kamu. Ingatan tentang apa yang Anda lihat, dengar, cium, dan yang paling penting bagaimana perasaan Anda. Saat-saat indah dan yang mengerikan. Bukankah itu sesuatu yang sangat menakjubkan ?

Rebecca Sharrock, Wanita yang berusia 28 tahun tersebut, memiliki memori yang luar biasa yang dinamakan HSAM, seperti yang telah disebut tadi. Ada sekitar 60 orang di seluruh dunia telah diidentifikasi memiliki HSAM dan kebanyakan dari mereka dapat menjelaskan dengan sangat akurat apa yang mereka lakukan pada hampir semua tanggal tertentu, memberikan rincian termasuk apa yang mereka kenakan, apa yang ada di sekitar mereka dan emosi mereka pada saat itu. Dengan kata lain, mereka memiliki memori yang super.

Secara alamiah, para ahli saraf ingin tahu bagaimana hal ini mungkin dan sangat penting, implikasi apa yang mungkin ada bagi kita semua, dalam hal meningkatkan ingatan kita. Para peneliti seperti Profesor Gail Robinson, seorang ahli neuropsikologi klinis di Universitas Queensland, telah bekerja dengan Sharrock untuk mencoba memahami bagaimana otaknya mengatur penyandian memori yang terperinci. Sharrock bahkan dapat menggambarkan adegan saat dia masih bayi 12 hari – dan kemampuan ingatannya yang menakjubkan telah menjadi berkat dan kutukan.

Bagi kebanyakan orang, ingatan akan hari yang sulit atau pertemuan yang menyakitkan memudar seiring berjalannya waktu, tetapi bagi mereka yang memiliki sindrom HSAM, dapat tetap segar seperti sebelumnya. Selama beberapa tahun, Sharrock berjuang dengan depresi, kecemasan dan insomnia, sambil bergulat dengan banjir kenangan negatif. Sharrock menggambarkan solusi unik yang ia kembangkan saat dia berusia sembilan tahun. Sharrock menemukan bahwa dirinya akan tidur jika membaca Harry Potter, tetapi dia harus membuka mata untuk membaca buku-buku itu. Sehingga menemukan ide yaitu dengan menghafal isi buku Harry potter tersebut. Sampai sekarang pun jika Sharrock membaca baris dari awal bab ia dapat melakukan diluar kepala. Meskipun begitu ingatannya tidak sempurna, juga bukan fotografis.

Sharrock juga memiliki riwayat pribadi yang kompleks, dan dia juga hidup dengan autisme dan gangguan obsesif kompulsif (OCD). Dari penampakannya kebanyakan orang dengan HSAM memiliki OCD, kondisi kesehatan mental di mana orang dapat memeriksa hal-hal berulang kali atau melakukan rutinitas tertentu dengan cara yang kompulsif. Tentu saja, ketika Sharrock berfokus pada pekerjaan seperti mempelajari buku, dia memberi perhatian penuh. Tidak ada multitasking, melihat layar, atau melakukan aktivitas lain yang mengganggu. OCD merupakan gangguan yang relatif umum, mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, hanya sejumlah kecil orang yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan potongan besar memori otobiografi. Jadi, tentu saja OCD bukan kunci utama untuk memahami bagaimana HSAM bekerja.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *