Panco tidak biasa, Gulat Jempol kaki di Inggris

Olahraga Gulat Jempol

Gulat merupakan olahraga yang mengandalkan stamina dan fisik yang kuat,terkadang akibat gulat juga bisa membuat cedera yang cukup parah pada tubuh petarungnya. Tapi apa jadinya jika gulat sendiri hanya menggunakan jempol kaki saja ?, bahkan sampai dibuatkan kejuaraan dunianya ? Gulat aneh ini diselenggarakan di Inggris,dan menjadi turnamen rutin tahunan di kota Derbyshire. Kompetisi yang aneh ini dimulai di Derbyshire pada tahun 1976, ketika itu sekelompok pejalan kaki di Ye Olde Royal Oak Inn, di desa Wetton. Mulai mencari permainan yang hanya bisa dimenangkan oleh orang Inggris. Karena kurangnya bakat dalam olahraga yang ada saat itu, keputusan ini dibuat untuk menciptakan hal yang baru. Dan pada akhirnya acara aneh ini, telah menjadi sorotan tahunan sejak saat itu.

Seorang ahli penyakit kaki, bernama Alison Barley, ditugaskan untuk inspeksi kaki sebelum kompetisi. Para kontestan harus diperiksa jari-jari kakinya secara menyeluruh, untuk melihat apakah ada tanda-tanda jamur dan cedera sebelum diberikan izin untuk berkompetisi. Selain itu desa lain juga tidak mau kalah di Fenny Bentley, sebuah daerah kecil di Derbyshire, Inggris. Juga melakukan olahraga yang sama, olahraganya sekilas seperti gulat jempol, namun peserta turnamen ini harus menggunakan seluruh jari-jari kaki mereka.

Cara bermainnya adalah dengan berbaring di lantai berhadapan satu sama lain, dan para peserta mengunci jari-jari kaki mereka di antara dua papan kecil. Siapa yang berhasil lebih dulu membuat kaki lawan untuk menyentuh panel di dekatnya, dia akan mendapat poin. Tapi di kota Derbyshire sendiri lomba panco (gulat) jempol kaki lah yang paling digemari dibanding gulat jari kaki, karena aturannya sendiri lebih mudah dipahami

Cara bermain gulat atau panco jempol kaki ini sama seperti adu panco lengan yang biasa gan sist lihat dan lakukan saat masih kecil dulu.Dimana dua orang akan berhadapan satu sama lain,peserta akan dinyatakan menang jika mereka dapat menaklukan jempol kaki lawan.Lomba ini juga menggunakan media papan penyangga sebagai pembatasnya,FYI kalian harus melepas alas kaki kalian saat akan ikut lomba ini.Siapa yang berhasil menjatuhkan jempol lawan lebih dulu,dialah pemenangnya.

Sebelum akan melakukan gulat ini, para pemain harus menunggu aba-aba toedown yang diteriakkan. Setelah itu pemain harus menyatukan jari kakinya,setiap kaki pemain juga harus berada dalam posisi sama rata. Kaki kedua pemain akan diletakkan pada sebuah bingkai yang terbuat dari kayu, untuk tumitnya dipijakkan pada bingkai kayu juga. Setelah aba-aba dimulai, kedua petarung akan mencoba melakukan gerakan pin yaitu gerakan untuk menjerat kaki lawan selama 3 detik. pada saat itu, lawan harus berusaha menghindarinya, pinning dicapai dengan menempatkan satu kaki di kaki lawan yang sama. Siapa yang bisa menjatuhkan jempol kaki lawan, dan menahannya selama 3 detik, ia akan keluar sebagai pemenang.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *