10 Fakta Aneh tentang Tubuh Manusia

Fakta tubuh Manuisa

Manusia hidup bersama tubuh yang kita didiami seumur hidup kita, kecuali kamu mengalami kecelakaan dan menggantinya dengan mesin. Menariknya selama bertahun-tahun kamu hidup bersamanya, kamu merasa mengetahuinya. Padahal sebenarnya kamu tidak mengetahuinya sama sekali. Jika memahami lebih detail, banyak fakta unik yang berhubungan dengan tubuhmu. Berikut adalah fakta-fakta unik mengenai tubuh manusia.

1. Kedipan adalah tidur sesaat
Kamu mungkin berpikir jika kedipan itu hanya untuk membuat matamu tetap lembap atau membersihkan bola mata dari debu, bukan? Itu tidak salah, tapi apakah kamu tahu kalau seluruh kedipan yang kamu lakukan mencapai 15–20 kedipan untuk tiap menit? Faktanya menutup mata untuk waktu cukup lama dapat membantu mempertajam konsentrasi dan mengembalikan energi.

2. Mata Besar Kemungkinan Besar Rabun Dekat
Kalau Kamu punya mata besar yang indah, jangan mau terkecoh dengan itu. Mata besar ternyata memiliki resiko lebih besar untuk terkena rabun dekat alias myopia. Itu dikarenakan cahaya jatuh tepat sebelum mencapai retina. Jika bola matamu besar, fokus cahaya terjadi terlalu cepat hingga tidak mengenai retina.

3. Rambut Bisa Merasakan
Rongga hidung kita memiliki bulu-bulu halus yang mendeteksi hal-hal kotor. Caranya dengan merasakan hal yang melewati mereka. Contohnya adalah nikotin. Jika rambut-rambut itu merasakan sesuatu yang pahit, mereka akan bergerak lebih cepat untuk membersihkan segala hal yang buruk.

4. Rambut Tahu saat Kamu Tidur
Rambut dapat mendeteksi pola tidurmu. Para ilmuwan menemukan fakta bahwa sel-sel di rambut kita memiliki RNA dari genetik waktu yang mengatur siklus waktu tidur kita. Jika kamu bangun telat atau lebih cepat, rambutmu akan memberitahukannya.

5. Rambut Membantu menjaga lingkungan sekitarmu
Rambut kotor ternyata bagus untuk lingkunganmu. Berdasarkan studi Missouri University of Science and Technology, rambut menyerap polusi udara. Minyak kulit kepala juga berkontribusi besar terhadap hal itu. Jadi kalau kamu membantu lingkunganmu, jangan keramas.

6. kaki punya 25 persen total seluruh tulang
Kaki manusia memiliki total keseluruhan 52 tulang. Masing-masing kaki dibentuk oleh 26 tulang. Itu hampir seperempat tulang untuk seluruh tubuhmu. Selain itu kakimu juga memiliki 33 sendi dan 100 otot, ligamen dan tendon.

7. Perut ternyata dapat mencerna pisau cukur
Sebaiknya kamu tidak menelan segala macam benda, tapi kamu bakal terkejut kalau tahu perutmu punya kemampuan melumatkan logam. Peneliti mencoba cairan lambung pada objek logam dan menemukan fakta jika asam lambung itu mengurangi berat logam tersebut hingga 63 persen dalam waktu 24 jam.

8. Bersin bisa mencapai jauh hingga 6m
Sebuah studi yang didokumentasi lewat video menunjukkan jika bersin ternyata punya jarak yang lebih jauh daripada yang mereka perkirakan, yaitu mencapai enam meter. Itu berarti jika kamu berada dalam gerbong kereta atau bis dan jauh dari orang yang bersin, bukan berarti kamu aman darinya.

9. Tubuh kehilangan sepertiga tulang saat remaja
Kita terlahir dengan 300 tulang, tetapi seiring kamu bertumbuh tulang-tulang tersebut berkurang karena melebur menjadi satu. Hasilnya tulang yang kamu miliki ketika kamu dewasa menjadi 206 tulang dan itu berhenti sampai di sana.

10. kita tidak bisa menggelitik diri sendiri
Alasannya terletak pada cerebellum-mu, area yang terletak di bagian belakang otak. Bagian otak itu memprediksi sensasi yang kamu rasakan saat kamu mencoba menggelitik dirimu sendiri, memberikan respons berlawanan. Jika orang lain menggelitikmu, maka otakmu tidak bisa memprediksi sensasi dan tidak dapat memberikan perlawanan sehingga rasa geli kamu rasakan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.