5 Fakta dibalik Misteri Lawang Sewu

Lawang Sewu

Walaupun sudah berusia ratusan tahun, Lawang Sewu, bangunan megah yang dibangun di tengah-tengah kota Semarang ini masih berdiri kokoh hingga kini. Selain sejarah di balik berdirinya bangunan ini ada juga keindahan arsitektur bangunan yang bergaya Eropa ini selalu jadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke kota semarang. Selain itu ada juga kisah misteri Lawang Sewu memiliki daya tarik yang membuatnya semakin terkenal. Karena kisah misteri yang menyelimuti Lawang Semu, kadang kala para pengunjung mengunjungi bangunan ini bukan hanya untuk berwisata, melainkan membuktikan kisah mistisnya alias untuk uji nyali. Berikut ini fakta menarik tentang Lawang Sewu.

1. Lawang Sewu Didirikan sebagai Kantor Bukan Penjara
Saking banyaknya kisah mistis dan misteri tentang Lawang Sewu yang bertebaran, menyebabkan fakta bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini menjadi tidak jelas. Ada yang mengatakan kalau Lawang Sewu dibangun sebagai rumah sakit sementara ada yang menyebutnya sebagai Penjara. Tapi nyatanya itu semua tidak benar alias hoaks. Bangunan ini sendiri aslinya dibangun sebagai perkantoran oleh Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), yaitu perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia.

2. Total Keseluruhan Pintu di Lawang Sewu tidak Mencapai seribu
Alasan warga Semarang pada zaman dahulu menamakan bangunan ini sebagai Lawang Sewu karena melihat bangunan ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak. Lawang Sewu berarti Seribu Pintu dalam bahasa jawa. Makanya, kini banyak yang mengira kalau bangunan ini memiliki pintu berjumlah seribu. Tapi ternyata ini semua tidak benar. Setelah dihitung ternyata jumlah daun pintu yang ada di bangunan ini cuman berjumlah 928 secara keseluruhan.

3. Dikenal Mistis karena pengaruh acara TV
Sebenarnya, bangunan Lawang Sewu ini sudah menjadi salah satu ikon terkenal kota Semarang sejak lama. Sebelum tahun 2006 karena tidak terlalu terurus hanya sedikit orang dari luar Semarang yang mengetahui atau datang untuk berkunjung ke bangunan ini. Namun, setelah bangunan ini menjadi lokasi syuting acara uji nyali di TV. Orang-orang pun jadi heboh dan berbondong-bondong datang untuk berwisata ke bangunan ini. Gara-gara hal itu juga, bangunan ini kini diselimuti berbagai kisah mistis dan legenda urban yang menakutkan.

4. Kisah Mistis yang membawakan Berkah
Meski diselimuti berbagai kisah mistis dan misteri yang menakutkan, namun berbagai kisah tersebut justru membawa berkah bagi Lawang Sewu. Sebelum terkenal menyeramkan karena acara uji nyali TV tersebut, bangunan ini jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan. Belum lagi arsitekturnya jadi terlihat menyeramkan karena bangunannya tidak terawat. Barulah setelah acara uji nyali tersebut menjadi viral, Lawang Sewu pun ramai dikunjungi oleh para wisatawan.Ramainya para pengunjung tersebut juga berhasil membuat bangunan ini akhirnya dipugar kembali di tahun 2011. Kini Lawang Sewu jadi terlihat jauh lebih indah dan menjadi salah satu tujuan wajib kunjung saat berada di Semarang.

5. Ruang Bawah Tanah
Ruang bawah tanah Lawang Sewu selalu menjadi misteri dan menarik rasa penasaran. Namun menurut pengelola museum Lawang Sewu, ruang bawah tanah sebetulnya digunakan untuk maintenance saluran air. Mungkin dulu sempat jadi penjara sementara saat penjajahan kolonial Jepang dulu. Namun nggak ada bukti yang menyatakan kalau di situ terjadi pembantaian.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.