Fenomena Tornado Api, Bencana paling mengerikan

Fenomena Tornado Api

Mungkin kamu sering mendengar tentang tornado atau angin topan. Keduanya adalah pusaran angin dengan kecepatan tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan. Namun pernahkah kamu mendengar tentang tornado api? Tornado api adalah pusaran api dengan kecepatan yang tinggi yang sebenarnya langka sekali terjadi. Tornado terjadi saat udara panas dan kering terutama saat terjadi kebakaran di hutan maupun pemukiman penduduk. Udara panas dan kering dari tanah akan naik ke atmosfer menciptakan kolom udara super panas yang tinggi. Udara panas yang berkumpul di atas atmoefer membentuk suatu badai api yang dinamai awan pyrocumulunimbus. Kolom udara tersebut kemudian menarik lebih banyak udara panas dan api membentuk suatu pusaran api vertikal. Pusaran tersebut memperkuat pusat rotasinya menjadi semakin kuat, cepat, dan memulai sistem cuacanya sendiri.

Lantas apakah tornado api itu berbahaya? Jawabannya adalah yes, tornado api sangatlah berbahaya karena suhunya tinggi, mengandung partikel debu dan bara, juga pergerakannya yang sangat cepat. Tornado api dapat mencapai suhu 1.093 derajat celcius dengan kecepatan pusaran apinya dapat mencapai 200 kilometer per jam yang dapat terjadi hingga puluhan menit. Dengan suhu yang sangat tinggi dan angin yang kencang, tornado api memiliki kekuatan penghancur (destruktif) yang besar. Tornado api dapat menghancuran sekaligus membakar apapun yang dilaluinya. Semakin tinggi kolom pusaran api, maka kecepatannya akan semakin besar, dan semakin kuat pula kekuatan penghancurannya.

Tornado api dapat menghancurkan dan membakar rumah, infrastruktur, memicu ledakan pada mesin dengan bahan bakar misalnya motor dan mobil maupun buldoser, merusak tiang dan kabel listrik, melemparkan berbagai benda, dan menyebabkan kebakaran yang sangat luas. Suatu daerah yang dilanda tornado api akan hancur dan hangus, pohon-pohon bahkan tercabut dari akarnya dan menjadi hangus terbakar. Tornado yang terjadi pada suatu kebakaran juga sangat membahayakan pemadam api. Hal ini karena pusaran api tornado dapat tiba-tiba berubah arah dan memelmparkan puing-puing berbahaya berupa benda keras, tajam, bara api, ataupun debu yang panas. salah satu tornado api setinggi 3 mil dan selebar 2 mil pernah terjadi pada Perang Dunia II di Hamburg, Jerman menewaskan 40.000 warga sipil juga kerugian infrastruktur yang tidak terhitung jumlahnya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.