Hyndora Africana, tanaman Aneh asal Afrika

Hyndora Africana

Benua Afrika terkenal akan kekayaan alamnya yang eksotis, tak terkecuali pada jenis tanamannya. Dan salah satu tanaman asli Afrika yang memiliki bentuk eksotik adalah Hyndora Africana. Hyndora Africana merupakan salah satu jenis tanaman paling aneh yang tampak di benua Afrika Selatan, tepatnya ditemukan dari daerah pesisir barat Namibia, ke utara sepanjang Swaziland, Botswana, KwaZulu-Natal dan sejauh Ethiopia.

Bila dilihat secara kasat mata, Hyndora Africana tak terlihat seperti sebuah tanaman pada umumnya. Meski demikian, bentuknya yang terbilang aneh membuat tanaman ini terlihat menakjubkan. Bahkan, beberapa spesies dari tanaman ini sangat mirip dengan jamur. Selama ratusan tahun lamanya, penduduk asli Afrika Selatan menyebut tanaman ini sebagai Makanan Serigala. Kemudian pada tahun 1774 tanaman itu diperkenalkan ke ilmu pengetahuan di dunia barat oleh Bapak botani Afrika Selatan, Carl Thunberg.

Kalau diamati secara seksama, tubuh tanaman ini benar-benar tak berdaun, dan kulitnya berwarna coklat-abu-abu. Semakin lama, warna tanaman ini akan berubah dari abu-abu gelap menjadi hitam. Selain itu, tubuh dari tanaman ini hanya akan terlihat ketika bunganya berkembang dan keluar dari dalam tanah. Sedangkan bunganya akan mekar ketika hujan mengguyur. Selain itu, tanaman ini juga memiliki buah, yang mana buahnya berbentuk agak bulat seperti buah berry bawah tanah yang tebal, kasar, namun berdaging dan dapat dimakan.

Hydnora africana tidak tumbuh sebagai tanaman yang dapat dibudidayakan karena ketergantungan hidupnya pada tanaman inangnya. Di alam liar, tanaman ini tumbuh melalui benih yang disebarkan oleh burung dan mamalia kecil, yang menyebarkan biji buahnya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.