Rama Setu, Jembatan panjang yang menghubungkan India dengan Srilanka

Rama setu

Dalam cerita mitologi India Ramayana yang besar beberapa ribu tahun yang lalu, tentang sebuah jembatan di atas laut yang menghubungkan antara India dan Sri Lanka. Jika kita melihat foto satelit di wilayah tersebut di zaman sekarang, kita akan melihat sedikit tanda penghubung antara kedua negara. Jembatan Rama yang disebut Rama Setu yang juga dikenal sebagai jembatan Adam adalah hamparan pasir yang panjang menghubungkan pulau Rameswaram di India di lepas pantai tenggara Tamil Nadu ke Pulau Mannar di lepas pantai barat laut Sri Lanka.

Total panjang jembatan itu ada sekitar 50 KM, sebagian besar badan jembatan berada di bawah air saat ini. Tapi berabad-abad yang lalu jembatan ini membentuk jalur penghubung antara India dan Sri Lanka, jalan setapaknya ada sampai akhir abad ke-15 dan bisa dilalui dengan berjalan kaki. Sesuai catatan yang disimpan di kuil Rameswaram, jembatan itu tenggalam dalam banjir. Keberadaan jembatan tersebut dikenal di India dan Sri Lanka sejak berabad-abad lamanya. hal ini terbukti dari legenda yang diabadikan oleh epos kuno Ramayana disebut Sethusamudram yang berarti jembatan laut.

Nama lain dari Rama Setu adalah Adam’s Bridge merupakan penemuan Inggris di awal abad ke-19 yang mengacu pada mitos Abraham bahwa Adam menggunakan jembatan tersebut untuk menyeberang dari Sri Lanka ke India. Banyak umat Hindu menganggap keberadaan jembatan tersebut sebagai bukti Ramayana yang tak tergoyahkan dengan cerita-cerita yang digambarkan di dalamnya. Para ilmuan pencetus teori konspirasi dan ahli teologi percaya bahwa jembatan itu sebenarnya dibangun oleh Rama dan tentara Keranya. Ketika sebuah foto NASA di wilayah tersebut menunjukkan jalan setapak yang berkelak-kelok yang menghilang ke kejauhan dan diterbitkan pada tahun 2001.

Para ahli teori konspirasi langsung berlomba-lomba untuk membuktikan bahwa itu struktur buatan manusia. Meski ahli geologi sudah berkali-kali mencoba untuk menghilangkan mitos, nyatanya masih ada beragam pendapat dan kebingungan tentang sifat dan asal struktur ini. Ada lusinan teori yang mencoba menjelaskan strukturnya, salah satu teori menyebutkan jika jembatan itu merupakan hasil proses alami sedimentasi hingga membentuk pemisah. Sementara teori lain yang menunjukan bahwa jembatan tersebut mungkin hanya merupakan garis pantai tua yang menyiratkan bahwa kedua daratan India dan Sri Lanka pernah terhubung.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.